Kominfo Usulkan Mata Pelajaran Coding Menjadi Kurikulum di SD

Menurut artikel yang saya baca di  bali.idntimes.com, Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang PMO dan Ekonomi Digital Lis Sutjiati mengaku sempat mengusulkan materi Coding dimasukkan dalam kurikulum Sekolah Dasar (SD). Hal tersebut, dikarenakan Indonesia membutuhkan sekitar 600 ribu talenta digital setiap tahun sejalan dengan pertumbuhan ekonomi digital yang semakin cepat dalam beberapa tahun terakhir.


1. Coding masih dalam bentuk usulan

Meski begitu, Lis mengatakan bahwa masuknya coding dalam kurikulum masih sebatas usulan. Lis menjelaskan, adanya Gerakan Nasional 1000 Startup Digital juga bisa menjadi salah satu solusi. 


2. Tantangan lain adalah soal implementasi

Lis juga mengatakan, pemerintah sudah mengetahui usulan itu. Kalaupun nantinya dimasukkan, namun tantangan lain adalah cara merealisasikannya.

3. Di Singapura coding sudah diterapkan sejak TK

Di negara lain seperti Singapura, kata dia, mata pelajaran coding sudah masuk di kurikulum tingkat TK. Menurut Lis, pelajaran coding di TK hanya sebatas mengetahui secara basic. "Itu (Coding) sesuatu pelajaran umum kayak matematika di dunia kita. Jadi coding itu merupakan basic yang harus dikuasiai oleh siapapun juga," ujarnya.

Lis juga menjelaskan, sebelum coding ini bisa diterapkan, masih ada beberapa tantangan yang harus diselesaikan. Salah satunya adalah bagaimana menghadirkan guru SD yang bisa mengajarkan coding di semua sekolah. 

"Kalau ada kurikulum baru pertanyaan gurunya bagaimana. Makanya saya menunggu teman-teman mengusulkan bagaimana caranya supaya coding diterima siwas kita dari SD tanpa harus mengandalkan sistem yang konvensional," ujarnya.

"Bagaimana kita mengubah kurikulum yang dibutuhkan untuk era digital ini segara bisa diterapkan pada sistem pendidikan kita. Ayo anak-anak muda berikan usulan, pemerintah memberikan tantangan dan bantu kami," ujar Lis.

So, bagaimana menurut kalian? Apakah sudah siap?
[post_ad]

Posting Komentar

0 Komentar