Router OS versi 7 [Review]

Mikrotik terus melakukan inovasi baik terhadap perangkatnya (Routerboard) ataupun operating systemnya (RouterOS). Kali ini Mikrotik mengeluarkan operating system terbaru dengan versi 7.0beta4 (Development). Awalnya Router OS versi 7 hanya mendukung untuk perangkat yang menggunakan arsitektur ARM saja, namun kali ini Router OS versi 7 ini sudah mendukung untuk semua perangkat Mikrotik, baik SMIPS, MMIPS, ARM, Mipsbe, dll.


Pada kali ini, kami akan membahas pembaruan pada Router OS versi 7 secara garis besarnya saja.

Yang baru pada Router OS versi7:

1. Tampilan baru di new terminal, terdapat penambahan atribut / ketika masuk ke dalam suatu menu.
2. Penambahan Flag IP Route untuk DHCP dan VPN. Untuk pengecekan bisa dilakukan dengan perintah "ip route print" pada new terminal. 


3. System Package terdapat pembaruan, dimana yang ditampillkan hanya bundle packages yaitu routeros.


4. DHCPv4-Server menambahkan menu "vendor-class-id", digunakan untuk mengoptimalkan dalam identifikasi vendor dari perangkat client.


5. Pada Router OS versi 7 ini, untuk kedepannya akan ditambahkan fitur Usermanager EAP Authentication dan Usermanager Custom RADIUS.

Yang masih tidak tersedia oleh Router OS versi 7.

1. BGP / MPLS tidak bisa digunakan.
2. The Dude Package masih belum tersedia. 
3. Extra Packages masih belum selengkap versi 6.

Tentunya Router OS versi7 ini masih dalam tahap ujicoba, sehingga versi stable ataupun versi long-term nya masih belum rilis. File Router OS versi 7 ini (Smips, MMIPS, ARM, dll) bisa didapatkan pada website mikrotik.com/download. Pastikan Anda tidak menggunakan Main Router untuk menggunakan Router OS versi 7 ini, mengingat Router OS versi 7 ini masih dalam tahap pengembangan.

Tentunya terdapat pembaruan hardware untuk Router OS versi 7 ini, seperti Network card dan juga modem LTE, Detail pembaruan terhadap setiap versi Router OS dapat dikunjungi pada halaman berikut: https://mikrotik.com/download/changelogs

Posting Komentar

0 Komentar