Apex Legends - Battle Royale Yang Konsepnya Berbeda Dengan Battle Royale Yang Lain

Apex Legends adalah permainan battle royale free-to-play yang dikembangkan oleh Respawn Entertainment dan diterbitkan oleh Electronic Arts. Permainan ini dirilis untuk Microsoft Windows, PlayStation 4, dan Xbox One pada 4 Februari 2019. Satu minggu setelah dirilis, permainan ini telah diunduh lebih dari 25 juta kali dan lebih dari 2 juta pemain daring secara bersamaan.


Ceritanya sendiri dimulai 30 tahun setelah peristiwa Titanfall 2. Apex berbeda dari kebanyakan permainan battle royale dengan menggunakan Legend (karakter pahlawan yang memiliki kemampuan unik dan memiliki peran seperti menyerang, bertahan, pendukung dan pengintai). Pemain dikelompokkan ke dalam sebuah tim dengan tiga orang, dengan masing-masing pemain memilih karakter Legend berbeda. Setiap satu pertandingan, ada hingga 20 tim yang beradu jotos. Semua tim memulai tanpa peralatan dan diterbangkan ke atas peta permainan melalui dropship dari arah acak dan pemain lalu terjun ke sembarang tempat di peta yang dilalui dropship. Setiap tim menjelajahi peta permainan untuk mencari senjata, amunisi, dan peralatan lainnya sembari berjuang untuk menjadi tim terakhir yang tersisa, dan berusaha tetap berada di zona aman yang terus menyusut. Seorang pemain dapat terjerumus ke dalam kondisi kehabisan darah, yang membuat mereka hanya bisa merangkak untuk berlindung atau mencapai rekan satu regu yang dapat menghidupkan mereka kembali. Jika pemain kehabisan darah, atau lawan menggunakan gerakan finisher, pemain akan mati dan menjatuhkan spanduk sehingga peralatan mereka dapat dijarah. Pemain yang mati dapat dihidupkan kembali jika rekan setimnya memulihkan spanduk dan membawanya ke Spawn Beacon dalam waktu terbatas. Apex menampilkan fitur komunikasi obrolan suara dengan rekan satu tim dan pendekatan komunikasi satu tombol kontekstual yang memungkinkan pemain melakukan ping pada peta seperti senjata, lawan, atau titik temu.
[post_ad]
Apex Legends adalah permainan gratis dan didukung melalui transaksi mikro, yang memberikan pemain kesempatan untuk menyesuaikan karakter pilihan mereka melalui berbagai barang kosmetik untuk Legend seperti senjata, jalur suara, dan spanduk dalam permainan. Barang kosmetik baru dapat diperoleh dari membuka Apex Pack, nama kotak jarahan permainan ini yang berisi berbagai macam hadiah acak, atau Material Crafting dalam permainan. Apex Pack diperoleh secara gratis saat pemain memperoleh poin pengalaman. Selain itu, pemain juga dapat mendapatkan Legend Token untuk bermain pertandingan, yang digunakan untuk membuka karakter Legend yang baru serta barang kosmetik tertentu. Kemudian Apex Coin, dibeli dengan uang asli dan dapat digunakan untuk membeli Apex Pack, karakter Legend, ataupun membeli barang kosmetik tertentu. Respawn berencana untuk menawarkan tiket pertempuran di masa depan yang memberikan hadiah kepada para pemain dengan barang-barang kosmetik musiman dengan menyelesaikan tantangan dalam permainan.


Respawn Entertainment sebelumnya membuat Titanfall (2014) dan sekuelnya Titanfall 2 (2016) sebagai studio independen; Electronic Arts mendukung penerbitan judul-judul ini, dan kemudian pada tahun 2017 mengakuisisi Respawn. Kedua game Titanfall telah dipuji secara kritis dan memiliki basis pemain yang kuat, tetapi tidak mencapai metrik penjualan yang berarti.

Saat Respawn telah mulai bekerja pada permainan Titanfall 3, mereka telah memperhatikan komunitas permainan video sekitar tahun 2017, ketika Playerunknown's Battlegrounds mulai mempopulerkan genre battle royale. Respawn telah menguji konsep Titanfall dalam format permainan bertahan hidup yang dirasa bekerja dengan baik, dan mulai bereksperimen dengan konsep battle royale. Mereka juga menyadari bahwa memiliki Titan yang dapat digerakkan (mecha besar) akan sangat tidak menguntungkan bagi mereka yang berjalan kaki dalam sebuah battle royale, dan mereka beralih fokus pada penciptaan kelas karakter yang kuat dan sesuai dengan semesta Titanfall. Selain itu, Respawn ingin membuat permainan yang akan menghasilkan keuntungan besar dari pendapatan potensial dalam sebuah permainan free-to-play, sehingga munculah konsep Apex. Apex memakan sebagian besar tenaga di studio sehingga membuat rilis awal Titanfall 3 mundur. Namun, digunakan sebagai pengembangan basis cerita bagi Titanfall 3. EA awalnya skeptis mengenai pendekatan ini dan menganggapnya berisiko. Tetapi menurut Drew McCoy dari Respawn, keberhasilan Fortnite Battle Royale menunjukkan bahwa pendekatan semacam itu mungkin saja dilakukan.

Karena langkah EA tersebut, Respawn benar-benar merahasiakan pengembangan Apex Legends sampai pengumuman rilisnya. McCoy menyatakan bahwa mereka menginginkan pemain untuk membentuk pendapat mereka sendiri tentang permainan daripada daripada bergantung dari forum daring, sehingga mendorong pemain untuk mencoba permainan daripada mengandalkan pemasaran dan konten promosi pra-rilis lainnya.

Apex Legends terinspirasi oleh beberapa penembak pada dekade terakhir: Halo dan Destiny buatan Bungie yang menggabungkan sistem pertarungan dengan narasi yang terus berkembang, lalu Tom Clancy's Rainbow Six Siege buatan Ubisoft yang mendemonstrasikan penggunaan kelas unik secara dinamis, dan Overwatch buatan Blizzard Entertainment untuk menyempurnakan konsep tembak-menembak pahlawan. Permainan ini dibangun dengan Source engine, sama seperti yang digunakan untuk permainan Titanfall sebelumnya. Sistem Smart Comm disempurnakan pada ujicoba permainan tanpa menggunakan obrolan suara dan menggunakan nama acak untuk bereksperimen bagaimana mereka mengantisipasi reaksi sebagian besar pemain selama sebulan. Tim mencoba mengubah beberapa fitur seperti ukuran peta, jumlah pemain dalam suatu pertandingan, dan ukuran regu. Mereka menemukan bahwa 60 pemain dalam regu tiga orang dalam satu peta adalah yang paling menyenangkan untuk dimainkan, menurut CEO Respawn Vince Zampella. Respawn juga akan menyediakan peta baru atau mode permainan alternatif di masa depan.

Sebelum diluncurkan, McCoy menyatakan bahwa ada rencana untuk mengimplementasikan permainan lintas serambi pada Apex Legends di masa depan. Meskipun ini sudah direncanakan, hal ini tidak dimungkinkan karena keterbatasan perangkat keras. McCoy juga menyatakan bahwa mereka juga pada akhirnya ingin Apex Legends dirilis di iOS, Android dan Nintendo Switch, meskipun saat ini belum direncanakan.

Dalam peta permainan, pemain menemukan setidaknya satu mainan Monster Loch Ness kecil yang dijuluki Nessy dan hadir di berbagai peta Titanfall, dan jika ditembak oleh pemain, pesan singkat akan muncul di killfeed; Manajer komunitas Respawn telah mengakui bahwa mungkin ada rahasia yang lebih besar terkait dengan hal ini di dalam permainan.

Tencent telah menyatakan bahwa mereka bekerja sama dengan Electronic Arts untuk membawa Apex Legends ke Tiongkok, untuk membantu meloloskan permainan ini melalui proses persetujuan yang ketat di negara tersebut.
sumber : wikipedia
[post_ad]

Posting Komentar

0 Komentar